Rapat Pembinaan Akhir Tahun 2018 Oleh Wakil Ketua PTA Kalimantan Selatan

 

WhatsApp Image 2018 12 18 at 10.42.01 AM1

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Selasa (18/12) sebelum alarm mesin absensi jam masuk kantor berbunyi, rombongan Pejabat Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kalimantan Selatan sudah tiba di Pengadilan Agama Pelaihari dalam rangka memberikan pembinaan akhir tahun 2018. Rombongan terdiri atas Wakil Ketua PTA Kalimantan Selatan Dr. H. Insyafli, M.H.I., Panitera  Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H., dan Sekretaris Hendriansyah, S.H., M.H.

Ruang pelayanan publik menjadi perhatian utama karena persiapan menerapkan program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sehingga merombak tata letak ruangan cetak biru denah gedung semula dimana ruang pelayanan dan ruang sidang berada di belakang dengan jalur akses yang berbeda antara para pihak dengan aparat. Kini dengan adanya program PTSP, tidak ada lagi pemisahan jalur akses masuk antara aparat dengan para pihak karena semuanya menggunakan pintu depan. Usai melihat ruang pelayanan publik rombongan PTA melanjutkan dengan rapat pembinaan akhir tahun.

WhatsApp Image 2018 12 18 at 8.54.01 AM

Sekretaris PTA menyampaikan beberapa hal terkait bidang umum dan keuangan, kepegawaian, dan perencanaan. Beliau menggarisbawahi pentingnya tertib hukum, tertib administrasi, dan tertib fisik.

Panitera PTA menyampaikan batas waktu pengiriman laporan perkara dari satker ke tingkat banding. Satker harus segera menerapkan program PTSP tanpa mengesampingkan pelayanan prima, cepat, dan biaya ringan. Beliau menggarisbawahi One Day Minute, One Day Publish.

Wakil Ketua PTA menyampaikan peranan pimpinan satker agar lebih mengutamakan tugas manajerial ketimbang tugas keseharian, yaitu meliputi: Perencanaan - Pengorganisasian - Pelaksanaan - Pengawasan.