website Pengadilan Agama Pelaihari memberikan kemudahan kepada masyarakat penyandang disabilitas. silahkan blok tulisan. agar kami dapat membacakannya   Click to listen highlighted text! website Pengadilan Agama Pelaihari memberikan kemudahan kepada masyarakat penyandang disabilitas. silahkan blok tulisan. agar kami dapat membacakannya Powered By GSpeech
gspeech_html   Click to listen highlighted text! gspeech_html Powered By GSpeech

Seputar Peradilan

Ketua Pengadilan Agama Pelaihari Berhasil Melaksanakan Eksekusi yang Diajukan Tahun 2019

WhatsApp Image 2021 09 09 at 07.54.15

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Pada hari Jum'at tanggal 3 September 2021, bertempat di ruang Ketua Pengadilan Agama Pelaihari, Ketua Pengadilan Agama Pelaihari Husnawati, S.Ag., M.Sy. yang dibantu Hj. Rahmatul Janah, S.Ag sebagai Panitera Pengadilan Agama Pelaihari berhasil melaksanakan Eksekusi Pembagian Harta Bersama  yang jumlahnya ratusan juta rupiah, yang diajukan Pemohon Eksekusi pada akhir tahun 2019;

Tertundanya pelaksanaan permohonan  eksekusi nomor 1/Eks/2019/PA.Plh atas Putusan Pengadilan Agama Pelaihari nomor 391/Pdt.G/2019/PA.Plh tersebut karena terdapat beberapa kendala dalam  proses pelaksaan yaitu : terlambatnya pihak membayar tambahan panjar biaya untuk pengajuan lelang ke KPKNL dan adanya objek sengketa yang telah dipindah tangankan dan objek benda bergerak (3 buah mobil)  yang BPKB dijadikan jaminan pembiayaan oleh Termohon eksekusi, yang memang ketika dilakukan sita eksekusi objek sengketa tersebut dibawah penguasaan Termohon eksekusi hal tersebut terungkap ketika KPKNL mensyaratkan bahwa objek benda bergerak harus dikuasai Penjual Lelang dalam hal ini Panitera Pelaihari.

WhatsApp Image 2021 09 09 at 07.54.152

Menyikapi hal tersebut Ketua Pengadilan Agama Pelaihari (Husnawati S.Ag.,M.Sy.) segera mempelajari  dan memetakan masalah, memahami karakter dan membangun komunikasi yang baik dengan para pihak, mengakomodir keinginan masing-masing pihak dengan bersikap netral , berkat kepiawaian beliau sehingga tercapai kesepakatan antara Pemohon eksekusi dan Termohon Eksekusi. Termohon eksekusi menyerahkan sejumlah uang Rp.50.000,00 dan objek sengketa berupa mobil dan sebidang tanah dan bangunan rumah sesuai dengan kesepakatan mereka sebagaimana dituangkan dalam Berta Acara Pelaksanaan Eksekusi.

Semoga dengan keberhasilan pelaksanaan eksekusi di Pengadilan Agama Pelaihari  ini  menjadi penyemangat bagi Pengadilan Agama lain untuk melaksanakan eksekusi dan mencari solusi atas kendala-kendala eksekusi  yaitu dengan membangun komunikasi yang baik kepada pihak.

WhatsApp Image 2021 09 09 at 07.54.151


Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech