Seputar Peradilan

Memorandum Of Understanding Pengadilan Agama Pelaihari Kelas IB

dengan Bank Rakyat Indonesia Cabang Pelaihari

WhatsApp Image 2020 12 11 at 08.25.11

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Senin (10/12/2020) PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Pleihari menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pengadilan Agama Pelaihari kelas IB  tentang Meningkatkan Pelayanan Publik Untuk Para Pencari Keadilan di Pengadilan Agama Agama Pelaihari kelas IB .

Perjanjian ini berdasarkan Surat Edaran MA No. 04 Tahun 2008 tentang Pemungutan Biaya Perkara, pembayaran biaya perkara perdata, perdata agama, dan perkara tata usaha negara harus dibayar pihak berperkara diwajibkan melalui bank. Oleh karena itu, tidak lagi dibenarkan pegawai menerima pembayaran biaya perkara secara langsung dari pihak-pihak berperkara. Akan tetapi, ketentuan ini dikecualikan apabila di wilayah pengadilan tersebut tidak ada bank.

MoU BRI

Perjanjian kerjasama ini merupakan perjanjian perdana antara Pengadilan Agama Pelaihari kelas IB  dengan PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Pleihari. Perjanjian ini sendiri ditandatangi langsung oleh Drs. H. Rakhmat Hidayat, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Pelaihari kelas IB dan Tomy Irawan selaku Kepala Cabang PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Pleihari. Penandatangan perjanjian ini dilakukan di ruang ruang sidang utama dan dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Pelaihari Kelas IB dan tim BRI Cabang Pleihari.

Dalam perjanjian tersebut masing – masing pihak memiliki kewajiban yang darus dilaksanakan. Adapun kewajiban dari pihak PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Pleihari itu sendiri antara lain memberikan laporan mutasi rekening per bulan, memberikan fasilitas pembayaran panjar biaya perkara oleh para pihak berperkara dengan tanpa antri atau prioritas.

Kerjasama ini bertujuan untuk mewujudkan program Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Pengadilan Agama Pelaihari kelas IB dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pihak pencari keadilan.