Seputar Peradilan

Angka Perceraian Meningkat Tinggi

 

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Antrean kasus perceraian di Kabupaten Tanah Laut selama tahun 2020 meningkat tiap bulannya. Pemandangan ini yang terjadi di kantor Pengadilan Agama Pelaihari Kelas IB. Antrean berupa pendaftaran perkara dan di bagian pengambilan produk pengadilan, yakni untuk mengambil salinan putusan, hingga akta cerai. Merujuk pada data Pengadilan Agama Pelaihari Kelas IB, diperkirakan terdapat 10 hingga 15 gugatan cerai dalam sehari, yang didominasi gugatan dari pihak istri. Tercatat pada bulan November 2020, terjadi kenaikan kasus perkara yang cukup signifikan.

"Umumnya perceraian dipicu oleh masalah ekonomi di masa Pandemi Covid-19, serta masalah perselingkuhan juga sangat mendominasi diajukan oleh pasangan muda. Karena Kabupaten Tanah Laut diketahui memiliki populasi yang sagat heterogen dibanding daerah lain" kata Ketua Pengadilan Agama Pelaihari Kelas IB Drs. Rakhmat Hidayat HS, S.H., M.H.

Pengadilan berpesan bagi masyarakat yang merasa terdampak pandemi Covid-19 harus melakukan konsultasi serta berbagai inovasi dalam rumahtangga. Pasangan suami istri disarankan lebih bijak menanggapi masalah yang ada.