Seputar Peradilan

Ketua PA Pelaihari sebagai Narasumber di Pertemuan Rutin Gabungan Organisasi Wanita (GOW)

WhatsApp Image 2020 02 05 at 10.17.50

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Rabu, 5 Februari 2020 bertempat di gedung wanita Ketua PA Pelaihari diundang menjadi Narasumber di Pertemuan Rutin Gabungan Organisai Wanita (GOW) yang bertema “Silaturahmi Untuk Mewujudkan Wanita Mandiri”, yang menghadiri petemuan tersebut diantaranya ketua GOW Tanah Laut, ketua PA Pelaihari ­Drs.H. Alpian, S.H,.M.H.I, ketua Dharmayukti Karini, ketua Bhayangkara, ketua Persit Kompi C,ketua Darma Wanita Persatuan, dan seluruh peserta organisasi wanita se-Tanah Laut.

WhatsApp Image 2020 02 05 at 10.17.503

Acara dimulai pada pukul 08.30 WITA dan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars GOW. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh pihak panitia yang diwakili oleh Ny. Yati Octaviana selaku ketua GOW Kabupaten Tanah Laut. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih bagi Ketua PA Pelaihari yang telah berpartisipasi untuk hadir di acara ini sebagai Narasumber. Drs. H. Alpian, S.H,.M.H.I membawakan materi yang bertema "Usia Menikah Menurut Perundang-Undangan" dengan tema "Pelaksanaan Dispensasi Nikah di Pengadilan", beliau menjelaskan pengertian Dispensasi Nikah, persyaratan untuk mengajukan Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama, siapa yang mengajukan, dan alasan dikabulkannya perkara Dispensasi Nikah itu sendiri yang diantaranya yaitu karena adanya "alasan yang sangat mendesak", yang dimaksud dengan "alasan sangat mendesak" adalah keadaan tidak ada pilihan lain dan sangat terpaksa harus dilangsungkan perkawinan, kemudian juga didukung oleh adanya bukti yang cukup diantaranya adalah surat keterangan yang membuktikan bahwa usia mempelai masih di bawah ketentuan undang-undang dan surat keterangan dari tenaga kesehatan yang mendukung pernyataan orang tua bahwa perkawinan tersebut sangat mendesak untuk dilaksanakan. Seluruh hadirin yang hadir begitu antusias dalam menyimak materi yang beliau sampaikan dan beliau menutup sosialisasi tersebut dengan sebuah pantun yang membuat para hadirin tertawa.

WhatsApp Image 2020 02 05 at 10.17.501

Setelah membawakan materi beliau juga diperkenankan untuk menutup acara dengan memimpin doa bersama. Acara diakhiri dengan mengucapkan hamdallah serta foto bersama anggota Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Tanah Laut dan menutup acara pertemuan.