Pembinaan dan Pengawasan oleh Ketua PTA Banjarmasin beserta Tim Pengawas Daerah di Pengadilan Agama Pelaihari

Untitled

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Selama dua hari, Senin (8/4/2019) dan Selasa (9/4/2019), Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin menugaskan Tim Pembina dan Pengawas Daerah untuk melakukan pembinaan dan pengawasan bidang kepaniteraan dan kesekretariatan di Pengadilan Agama Pelaihari.

Tim yang diketuai oleh Hakim Tinggi Drs. H. M. Tamrin Subeli, M.H. terdiri atas Hakim Tinggi, Panmud Hukum, Sekretaris, dan Kasubbag Rencana Program dan Anggaran tiba di Pengadilan Agama Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, tepat pukul 9.00 WITA di hari pertama langsung melakukan pengecekan ruangan dan halaman kantor. Berkas-berkas yang menjadi eviden instrumen pengawasan mulai diperiksa.

Masuk tengah hari, ketika sebagian pegawai masih makan siang, tibalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. melalui pintu masuk belakang Kantor Pengadilan Agama Pelaihari. Beliau beranggapan letak ruang pelayanan masih berada di belakang, sehingga beliau memilih masuk tidak seperti Tim yang melalui pintu depan. Pengadilan Agama Pelaihari telah menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang letaknya berada melalui pintu depan.

collage1

Pengawasan reguler pertama ini sekaligus merupakan kehormatan bagi Pengadilan Agama Pelaihari karena Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin turut melakukan pembinaan dan pengawasan. Pun sebaliknya, ini merupakan kali pertama bagi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin yang baru saja dilantik dua bulan lalu, datang ke Pengadilan Agama Pelaihari.

WhatsApp Image 2019 04 08 at 9.25.08 PM

Oleh karena hal tersebut, usai pengawasan di hari pertama, pada malam harinya Ketua Pengadilan Agama Pelaihari Dra. Hj. St. Masyhadiah D., M.H. tidak menyia-nyiakan kesempatan mengajak Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. dan Tim untuk silaturrahim dengan Bupati Tanah Laut Drs. H. Sukamta M.AP. Pimpinan Lembaga Peradilan dan Pimpinan Daerah saling berbincang penuh kehangatan di rumah jabatan Bupati tersebut, sekilas menyampaikan program kerja, membicarakan potensi kerjasama yang memang selama ini sudah lama terjalin antara Pemerintah Daerah Tanah Laut dengan Pengadilan Agama Pelaihari melalui program unggulannya masing-masing yaitu kegiatan sidang di luar gedung dan program unggulan Pemda yaitu "Manunggal Tuntung Pandang".

Hari kedua pengawasan, Tim dan Ketua PTA Banjarmasin lebih intensif memeriksa berkas-berkas keperkaraan maupun kesekretariatan, prosedur standar, manajemen operasional dan kebersihan maupun pemanfaatan setiap ruangan pun diperiksa. Hingga tiba waktunya ekspos pukul 13.30 WITA di ruang sidang utama, Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. menyampaikan apresiasi kepada pegawai Pengadilan Agama Pelaihari atas kinerja yang baik, disamping beberapa hal yang menjadi perhatian serius.