Rapat Pembahasan Penyerapan Anggaran DIPA 04 Tahun Anggaran 2018 PA Pelaihari

resizeRapat Pembahasan Penyerapan Anggaran. [Foto: Muslimah]

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Senin (17/9), bertempat di Ruang Ketua membahas penyerapan anggaran DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Pelaihari Dra. Hj. St. Masyhadiah D., M.H. dihadiri oleh Wakil Ketua, Panitera, Plt Sekretaris beserta Tim Pengelola Keuangan. Pimpinan melihat masih terdapat penyerapan anggaran yang belum optimal di beberapa akun sehingga merasa perlu mengadakan rapat khusus.

Menjadi fokus perhatian adalah penyerapan anggaran DIPA di bawah Unit Organisasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama khususnya pada Biaya Penyelesaian Perkara di Luar Gedung Pengadilan yang belum terserap optimal. Hal ini menjadi dasar pertimbangan perencanaan pagu anggaran untuk tahun 2019.

Dituangkan dalam Buku Petunjuk Teknis Penyusunan RKA (Rencana Kerja dan Anggaran) Tahun Anggaran 2019 oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama disebutkan bahwa layanan sidang terpadu dilaksanakan dengan melibatkan unsur Pemerintah Daerah (Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil), Kementerian Agama (Kantor Urusan Agama) dan Mahkamah Agung (Pengadilan Agama), dalam pelaksanaannya selama tidak mendapat pembiayaan Pemerintah Daerah personil Pengadilan Agama dapat dibiayai perjalanan dinasnya.

Berdasarkan juknis tersebut Pimpinan beserta Tim Pengelola Keuangan merasa sangat perlu meninjau kembali pelaksanaan kegiatan Sidang Terpadu yang selama ini telah dilaksanakan PA Pelaihari dengan pagu anggaran yang selalu naik selama tiga tahun terakhir.