Penandatanganan Kontrak Kerjasama Posbakum PA. Pelaihari dengan LKBH UIN Antasari Banjarmasin

IMG 20181227 140919 BURST6Dar kiri: Bayu Mukti Darmawan, S.H. (PPK PA. Pelaihari), Dra. Hj. St. Masyhadiah D., M.H. (Ketua PA. Pelaihari), Dr. H. Jalaluddin, M.Hum. (Dekan Fakultas Syari'ah UIN Antasari Banjarmasin), Prof. Dr. H. Ahmadi Hasan, M.Hum. (Ketua LKBH UIN Antasari Banjarmasin)

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Kamis (27/12), bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Pelaihari berlangsung penandatanganan kontrak kerjasama Pos Bantuan Hukum (Posbakum) dengan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) UIN Antasari Banjarmasin.

Ini merupakan perpanjangan kontrak mengingat telah kali kelima Pengadilan Agama Pelaihari bekerjasama dengan LKBH UIN Antasari dalam hal layanan bantuan hukum bagi masyarakat pencari keadilan. Bersamaan dengan menjelang tahun anggaran 2019, maka pelaksanaan kontrak pada akhir Desember ini menjadi keharusan untuk diperbaharui mengingat anggarannya masuk dalam DIPA 2019 sehingga bulan Januari dapat langsung terealisasi.

Pada tahun-tahun sebelumnya pihak Pengadilan Agama Pelaihari mengunjungi LKBH UIN Antasari di Banjarmasin, namun kali ini Ketua LKBH Prof. Dr. H. Ahmadi Hasan, M.Hum. bersama Dekan Fakultas Syariah UIN Antasari Dr. H. Jalaluddin, M.Hum. beserta enam Dosen sekitar pukul 12:39 WITA telah datang di Kantor Pengadilan Agama Pelaihari.

IMG 20181227 134612 HDR
Peranan Posbakum sangat penting dalam menunjang pelayanan yang prima mengingat tahun 2018 ini total perkara masuk sebanyak 1.282 perkara, 1.267 di antaranya telah diakomodir oleh pelayanan Posbakum.

Prof. Dr. H. Ahmadi Hasan, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan hadirnya Posbakum di Pengadilan Agama Pelaihari diharapkan dapat memberikan nilai lebih bagi masyarakat maupun petugas itu sendiri dalam mengamalkan ilmu.

"Pengadilan Agama dengan Fakultas Syari'ah di manapun itu seperti keluarga besar. Kami bersyukur ada program Mahkamah Agung tentang layanan bantuan hukum. Ini merupakan kesempatan bagi alumni untuk mengembangkan potensi diri dari segi intelektual maupun sosial. Kami selaku pimpinan Fakultas Syari'ah menyampaikan terimakasih semoga tetap terjalin kerjasama di tahun berikutnya." kata Dr. H. Jalaluddin, M.Hum. menambahkan.

IMG 20181227 141027 BURST1
Ketua Pengadilan Agama Pelaihari Dra. Hj. St. Masyhadiah D., M.H. dalam sambutannya mengatakan, "Tentu ke depannya pelayanan ini akan kita tingkatkan. Tidak hanya membuat surat permohonan dan gugatan, namun juga surat kuasa dan pelayanan khusus bagi buta huruf. Kinerja petugas Posbakum sangat bagus, seiring pembaharuan peradilan muncul aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk menunjang kinerja pengadilan menuntut semua untuk dapat bergerak cepat."