Sekarang Advokat Bisa Beracara di Pengadilan Agama Pelaihari Secara Elektronik

 

ecourt

 Status e-Court PA Pelaihari sudah hijau (aktif). Sumber: https://ecourt.mahkamahagung.go.id/mapecourt_agama.

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Bermula sejak terbitnya Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik yang berorientasi pada pembaruan guna mengatasi kendala dan hambatan dalam proses penyelenggaraan peradilan serta menyesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan zaman sehingga mengharuskan adanya pelayanan administrasi perkara di pengadilan secara lebih efektif dan efisien. Perma tersebut langsung disikapi positif oleh Pengadilan Agama Pelaihari dengan upaya mengaktifkan e-Court agar advokat dapat beracara secara elektronik.

Pada tanggal 18 Oktober lalu PA Pelaihari melakukan tahap awal registrasi virtual account dengan BRI sebagai salah satu Bank mitra proyek e-Court MA RI. Mengisi form registrasi CMS BRI dan form BRIVA. Kemudian tanggal 14 November terbit surat nota dinas Bank BRI perihal pendaftaran kode corporate BRIVA. Kode Corporate BRIVA itulah yang kemudian disebut sebagai CID dan sekaligus menandakan virtual account PA Pelaihari telah aktif.

Sesuai arahan Dirjen Badilag dalam surat edarannya nomor 8 Tahun 2018 tanggal 14 November 2018 tentang tata cara pengaktifan e-Court Mahkamah Agung untuk Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah dijelaskan hal lain yang harus dipersiapkan yaitu aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) harus sudah update versi terbaru 3.2.0-5. Mengisi biaya radius dan panjar perkara pada aplikasi Komunikasi Data Nasional (Komdanas).

Setelah langkah-langkah internal sudah dilaksanakan, tanggal 23 November 2018 Dirjen Badilag pun langsung memberikan tanda hijau sebagai bentuk aktivasi e-Court PA Pelaihari. Menjadi kebanggaan bagi PA Pelaihari dengan berhasilnya aktivasi e-Court, juga merupakan parameter pelaksanaan e-Court di Kalimantan Selatan untuk Pengadilan Agama. Dengan adanya e-Court para advokat yang beracara dapat lebih dimudahkan, hal tersebut sejalan dengan tujuan modernisasi di lembaga peradilan.

Artikel terkait: PA Pelaihari Melakukan Tahap Awal Registrasi Virtual Account Bersama Pimpinan BRI Cabang Pelaihari